Kamis, 18 September 2008

LDII Karanganyar Siap Dukung Kinerja PMI

KARANGANYAR (Joglosemar) : Palang Merah Indonesia (PMI) harus berupaya mandiri dan meningkatkan kinerja. PMI jangan hanya tergantung dengan anggaran dari pemerintah.
Demikian disampaikan Ketua PMI Jawa Tengah, Sasongko Tedjo dalam pelantikan pengurus baru PMI Cabang Karanganyar periode 2008-2013 bertempat di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (26/3). Ia menekankan pentingnya kemandirian demi kinerja PMI yang lebih baik.
‘’Sedikit demi sedikit, kesan PMI tergantung dari pemerintah harus dihilangkan. Ke depan PMI harus bisa seperti organisasi sejenis di negara lain seperti di Jepang, Kanada atau Singapura. Mereka benar-benar lepas dan bisa mandiri,” ungkapnya.
Lebih lanjut Sasongko mengatakan, saat ini masih dimengerti jika PMI masih tergantung dari alokasi dana APBD untuk operasional sehari-hari. Namun demikian, menurutnya hal tersebut harus tetap diimbangi dengan upaya mencari dana sendiri, misalnya melalui Bulan Dana PMI, atau donatur lain yang tidak mengikat.
“Yang harus digarisbawahi, PMI lembaga sukarela, sehingga seluruh aktivitasnya didasari pada kerelaan. Karena itu tugas pengurus mencari relawan sebanyak-banyaknya untuk mendukung tugas dan menyukseskan kiprah PMI di masyarakat,” kata dia.
Ketua PMI Karanganyar yang baru, Tony Haryono mengatakan, bersamaan dengan pelantikan pengurus baru, telah dilakukan pula penandatanganan kerja sama PMI dengan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) keagamaan serta Ormas lain dan instansi pemerintahan Kabupaten untuk mendukung kinerja PMI ke depan.
Ormas dan instansi tersebut yaitu Depertemen Agama Kabupaten, Majelis Tafsir Alquran (MTA), Muhammadiyah, NU, LDII, Forum Komunikasi Umat Katolik, Dewan Mesjid Indonesia, serta beberapa instansi pemerintah
“Kami juga bekerja sama dengan Dinas P dan K untuk menggiatkan pelajar se-Karanganyar dengan membentuk Palang Merah Remaja (PMR) di seluruh sekolah. Selain itu juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk penggunaan mobil ambulans serta mobil operasional.” (dhi) http://harianjoglosemar.com

Tidak ada komentar: